Jumat, 28 November 2014

Salam kenal, saya Endi Septia Wisnu Iustitiawan dari jurusan Teknik Informatika BINUS University 2018. Pada kali ini saya akan meceritakan pengalaman saya dalam mengajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang diusung dari mata kuliah CB(Character Building) yang bekerja sama dengan TFI(Teach For Indonesia).


23 Oktober 2014

Ini merupakan pengalaman pertama bagi saya dan teman- teman kelompok saya mengajar PAUD. Pada kesempatan kali ini saya dan teman-teman mengajar di PAUD Baitul Qur'an yang berlokasi di Jalan Duri Selatan. Letaknya lumayan dekat dengan BINUS kira- kira menempuh waktu 20 menit. Kami memulai pembelajaran pukul 09.00. Guru PAUD Baitul Qur’an bernama Ibu Nuriah.



Setelah Berdoa dan melakukan yel- yel, ibu Nuriah memperkenalkan kami kepada murid- muridnya. Setelah berkenalan kami langsung memulai pelajaran. Pelajaran kali ini adalah seni melipat kertas origami. Anak- anak sangat antusias dalam pelajaran kali ini, mereka senang dengan adanya kedatangan orang baru. Tak terasa ternyata pembelajaran kali ini harus disudahi, namun pengalaman kali ini sangat berarti bagi saya.



13 November 2014


Sangat disayangkan PAUD Baitul Qur’an sedang ada acara, maka kami harus mencari PAUD lain. Kali ini ternyata bukan PAUD, melainkan TK. TK ini bernama providentia di daerah kedoya.


Kami mulai mengajar pukul 10.30. karena saat itu hari kamis. Pada hari kamis TK providentia melakuka kegiatan olahraga selama 30 menit. Pertama- tama kami berkenalan dengan anak- anak. Setelah itu kami mengajarkan bahasa Jepang pada mereka, saya sangat senang karena anak- anak TK providentia memiliki antusias dan minat yang tinggi pada bahasa asing. Selain itu mereka juga dapat menerima pembelajaran yang kami sampaikan dengan baik. Namun ada pula anak yang masih malu- malu, karena mereka kurang begitu berani dengan kehadiran orang baru.






20 November 2014


Pada kali ini saya dan rekan saya, Irvan dan Youngky akan mengajar lagi. Rupanya hari ini kami akan bercerita, dan belajar menulis angka.



Pada saat story telling kami membacakan buku “Itik Buruk Rupa”. Kami ber tiga berganti-gantian membacakan buku tersebut. Anak- anak sampai maju kedepan karena sangat antusias dengan bacaan tersebut.




Setelah bercerita kami mengajarkan menulis angka “12”. Ternyata anak-anak sudah pintar dalam menulis, walaupun belum terlalu rapi namun mereka sudah lancar. Tanpa bantuan kami pun mereka sudah bisa, hanya saja ada beberapa anak yang belum terlalu cepat dalam menulis, karena itu saya selalu menghampiri mereka dan memberikan mereka semangat.







25 November 2014


Tak terasa ternyata ini merupakan pertemuan kami yang terakhir di TK providentia.
Pada kali ini kami mengajarkan menulis angka kembali dan melipat dan mewarnai.




Seperti sebelumnya, pelajaran menulis angka bukan halangan yang besar bagi mereka.
Namun berbeda dalam melipat kertas. Kali ini kami melipat kertas dengan bentuk cup ice cream. Disini kelihatan anak- anak belum begitu mengerti melipat kertas. Namun, kami selalu membantu mereka sampai mereka bisa. Setelah melipat kertas tersebut, kami menempelkannya di kerts HVS yang sudah diberi nama sebelumnya. Setelah ditempel diatas kertas berbentuk cup tersebut diwarnai, warna tersebut mewakili rasa dari ice cream masing masing. Seteah selesai semua hasil karya tersebutdigantung dikelas.
  


Begitulah pengalaman saya dan teman- teman saya dalam pengajaran kali ini,ini merupakan pengalaman berharga bagi kami. Semoga karena pengalaman ini, kedepannya kami menjadi lebih baik lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar