Rabu, 26 November 2014

Pengalaman Mengajar Di PAUD Baitul Quran dan TK Providentia

Nama    : Ghezi Glory

NIM      : 1801386526

Jurusan  : Sastra Jepang

23 Oktober 2014


          Hari pertama kami mengajar di Paud Baitul Qur'an yang berlokasi di Jalan Duri Selatan. Ini pengalaman pertama bagi saya dalam mengajar. Kami berkumpul jam 09.00 di dekat Paud Baitul Qur'an. Sebelum pembelajaran dimulai, Anak-anak berdoa , dan melakukan yel-yel dengan semangatnya.

          Setelah Ibu Nuriah, guru Paud Baitul Qur'an memperkenalkan kami kepada murid-muridnya. Setelah itu kami memulai pengajaran. Sebelum memulai pelajaran saya menyontakan yel-yel yang seperti Ibu Nuriah ajarkan kepada murid-muridnya. Dan semuanya menyontak dengan antusias.
Kemudian, kami mulai mengajar pengenalan warna dengan menggunakan origami, karena ini pengalaman pertama bagi saya hal ini terasa tak mudah bagi saya untuk mengajar.

          Setelah mengajar pengenalan warna, kami bermain dengan membuat burung bangau dari kertas origami. Ternyata itu sulit namun menyenangkan. Takterasa jam menunjukkan pukul 11.30 . Dan kamipun menyelesaikan pengajaran hari ini.


Dikarenakan ada suatu kendala, kami harus mencari tempat mengajar yang baru. Namun, pengajaran pertama terasa menyenangkan.
___


          Setelah mencari tempat baru untuk mengajar, kami memutuskan untuk mengajar di TK Providentia yang berolokasikan di Jalan Kedoya Raya.

13 November 2014


          Kami berkumpul di Tk Providentia Pukul 10.00 . Sebelum pelajaran dimulai, murid-murid TK Providentia melakukan senam pagi seperti yang sudah dijadwalkan oleh sekolahnya, kemudian berdoa.


          Saya dan Kevin mengajar di kelas KB1 . Ibu Mur yang merupakan wali kelas KB1 memperkenalkan saya dan Kevin kepada murid-muridnya. Sebagian muridnya ada yang masih malu-malu, ada yang antusias dana da yang diam. Setelah memperkenalkan diri, kami pun memulai pengajaran.

           Pertama-tama, saya mengajak anak anak untuk mewarnai Ikan, sambil diselingi dengan pertanyaan seperti " kalian sudah pernah makan ikan belum? " atau " kalian suka ikan tidak?? " agar anak-anak menjadi antusias. Kemudian, Kevin mengajak anak-anak menempel bentuk.


           Tak Terasa jam sudah menunjukan jam 11. Sudah waktunya makan. Mereka langsung berbaris untuk mencuci tangan setelah itu menyantap bekal yang mereka makan. Sebelum pulang, mereka berdoa dan berpamitan.

___

20 November 2014 


          Sekarang adalah pertemuan ke2 kami dengan anak kelas KB1. Seperti biasa, sebelum pengajaran dimulai, anak-anak melakukan senam pagi dan berdoa.
Setelah itu,  Kevin melakukan story telling tentang Itik Buruk Rupa. Anak-anak KB1 antusias mendengarkan apa yang Kevin ceritakan.


                                                                              

          Setelah Kevin melakukan story telling, Ibu Mur mengajar cara menulis hurus O dalam tulisan sambung, sebagian anak anak sudah ada yang mantap dalam menulisnya dan sebagian masih ada yang membutuhkan bimbingan. Selanjutnya, saya mengajak anak anak mewarnai kucing.

                                                                            
                                                                              


___

25 November 2014


           Hari ini adalah hari terakhir kami mengajar di TK Providentia, seperti biasa setelah Ibu Mur mengajar. Kami melakukan kegiatan seperti menempel, mewarnai dan sedikit games tentang binatang binatang. Pukul menunjukan jam 11.00 seperti biasa anak-anak berbaris dan mencuci tangan, duduk ditempatnya masing-masing, berdoa, kemudian menyantap bekal yang sudah mereka bawa dari rumah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar